Pengembangan Materi Pokok Mata Uang dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLBC Karya Ibu Palembang

Wahyuni, Najmi and Hiltrimartin, Cecil and Zulkardi, Zulkardi (2008) Pengembangan Materi Pokok Mata Uang dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLBC Karya Ibu Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1). pp. 39-50. ISSN 1978-0044

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pokok mata uang dengan pendekatan PMRI yang menghasilkan buku siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Tunagrahita Ringan kelas XI SLBC Karya Ibu Palembang. Dalam mengembangkan materi terdapat ujicoba terhadap materi yang diberikan kepada siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar dilakukan melalui penilaian tertulis dan penilaian sikap. Penilaian tertulis dilihat dari kemampuan siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa sedangkan penilaian sikap dilakukan dengan cara observasi perilaku. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari empat langkah yaitu expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Karena hasil belajar siswa baik melalui penilaian tertulis maupun penilaian sikap menunjukkan kategori baik atau sangat baik maka buku siswa materi uang dengan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dra. M.Si. Cecil Hiltrimartin
    Date Deposited: 16 Feb 2012 13:13
    Last Modified: 16 Feb 2012 13:32
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/459

    Actions (login required)

    View Item