PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI SEBUAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA DAN BERSASTRA

Nurhayati, Nurhayati (2010) PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI SEBUAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA DAN BERSASTRA. PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL PERTEMUAN ILMIAH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. pp. 210-217. ISSN 978-979-3075-80-8

[img]
Preview
PDF
Download (149Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran sastra pada hakikatnya bukan hanya dapat meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra melainkan pula dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Hanya saja dalam kenyataannya pembelajaran sastra belum menyentuh tujuan tersebut secara proporsional apalagi dapat mengantarkan siswa ke pencapaian tujuan dalam sekali langkah pembelajaran. Kata pepatah yang menyatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui akan tercapai apabila guru menggunakan strategi yang diberi nama formeaning response. Dengan strategi formeaning response, siswa diminta untuk menggauli puisi yang dibacanya lewat setidak-tidaknya dua arah utama yaitu dengan mendiskusikan bahasa yang digunakan penyair dalam larik-larik puisi dan bagaimana tanggapan personal siswa terhadap puisi yang dibacanya sesuai dengan horison harapannya.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran puisi, stilistik, respon pembaca, dan formeaning response
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    P Language and Literature > PQ Romance literatures
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 15 Feb 2012 09:30
    Last Modified: 15 Feb 2012 12:45
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/452

    Actions (login required)

    View Item