Pembaharuan Strategi Mengajar Mata Kuliah Menggambar Rekayasa sebagai Konsekwensi Berkurangnya SKS

Hanum, Meivirina Pembaharuan Strategi Mengajar Mata Kuliah Menggambar Rekayasa sebagai Konsekwensi Berkurangnya SKS. [Teaching Resource] (Unpublished)

[img] PDF (Pengkinian Sistimatika Pembelajaran akibat adanya Penggabungan dua matakuliah dan pengurangan jumlah SKS)
Restricted to Repository staff only

Download (4Mb) | Request a copy

    Abstract

    Abstrak Mata kuliah Menggambar Rekayasa merupakan hasil peleburan / penyatuan mata kuliah Menggambar Teknik I dan II, empat SKS, yang diberikan dalam empat (4) semester. Penggabungan/Peleburan menjadi Menggambar Rekayasa I dan II enam (6) SKS yang diberikan dalam dua semester belum terlalu menimbulkan masalah, walaupun ada pengurangan dua (2) SKS tetapi penyampaian materi belum mempunyai kendala yang berarti, baik dalam proses penyampaiannya, maupun daya serap mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Masalah timbul ketika Mata Kuliah Menggambar Rekayasa yang diberikan dalam dua semester, hanya dijadikan satu dari 8 semester pada semester satu, tetapi dari sisi materinya harus dapat mencakup keseluruhan materi menggambar Teknik maupun Mata Kuliah Konstruksi bangunan, baik sacara kwalitas maupun kwantitas. Hal ini mendorong untuk segera merombak metode dan proses Belajar-Mengajar pada Mata Kuliah Menggambar Rekayasa. kemajuan Teknologi Informasi secara Visual menjadi pilihan tepat dalam merombak metode belajar mengajar yang konvensional, metode belajar mengajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi Informasi Visual, sehingga metode mengajar menjadi efisien dan efektif, dan sasaran belajar dengan materi yang banyak dapat dicapai. Teknik Informasi Visual yang dimaksud adalah dengan melakukan perekaman di lapangan dimana proses pembangunan gedung sedang berlangsung , mulai dari proses awal, dari pemasangan Bowplank, penggalian dan pemasangan pondasi, sampai dengan pemasangan dinding dan atap, baik untuk bangunan satu lantai maupun bangunan bertingkat. Hasil rekaman dapat dikemas dalam bentuk Paket Acara Perkuliahan yang telah diolah dengan menambah teks maupun gambar-gambar grafis di dalamnya. Teknologi Informasi yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar Menggambar Rekayasa ini juga sangat bermanfaat bagi kelas Pararlel yang selama ini ada di jurusan Teknik Sipil UNSRI. selain dengan melakukan perombakan Metode Mengajar dengan Teknik Informasi-Visual, maka metode mengajar agar penyampaian materinya lebih jelas dan mudah ditangkap mahasiswa, maka dibuat Materi pendukung berupa pwmbuatan Model (Mock-up) sebagai alat peraga. Dengan melihat bentuk miniatur dari elemen bangunan maupun bangunannya sendiri diharapkan penyerapan materi oleh mahasiswa tidak lagi mengalami hambatan. dengan menghadirkan Visualisasi Materi Kuliah dan Model-nya (Mock-up), maka pemadatan Materi Kuliah tidak lagi menjadi hambatan bagi penyampaian Materi Perkuliahan, sehingga kinerja mengajar dapat lebih efisien dan efektif.

    Item Type: Teaching Resource
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
    Depositing User: Ir Meivirina Hanum
    Date Deposited: 14 Apr 2014 19:54
    Last Modified: 14 Apr 2014 19:54
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4284

    Actions (login required)

    View Item