PENGGUNAAN STRATEGI SUGGESTOPEDIA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERPEN

Nurhayati, Nurhayati and Jaenah, Een and Yuliati, Esana Laili (2005) PENGGUNAAN STRATEGI SUGGESTOPEDIA DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERPEN. JURNAL BAHASA DAN SASTRA, 8 (2). pp. 148-166. ISSN 1411-2388

[img]
Preview
PDF
Download (179Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi suggestopedia kemampuan menulis cerpen siswa SMP N 1 Palembang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP N 1 Palembang melalui strategi suggestopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur kerja secara multisiklus yang dalam setiap siklusnya terdiri atas 4 aspek, yaitu: penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa terlihat antusias. Hal itu ditandai dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam setiap siklusnya. Selain itu, siswa merasa senang dengan pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran yang ditemui siswa selama ini. Dengan bantuan suasana kelas yang kondusif, adanya relaksasi dan musik membuat mereka tenang dan dapat membangkitkan konsentrasi serta imajinasi serta kreativitas mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas 7.5 SMP N 1 Palembang. Nilai rata-rata tes awal ialah 48,29 sedangkan nilai rata-rata tes akhir siklus I ialah 68,51. Sementara itu, nilai rata-rata tes akhir siklus II ialah 72,79 dan nilai rata-rata tes akhir siklus III ialah 75,43. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen meningkat dengan menerapkan strategi suggestopedia. Pada sisi lain, keberhasilan tindakan baru tercapai pada siklus III yaitu 86 % dari 85 % yang ditetapkan.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan, menulis cerpen, strategi suggestopedia.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 10 Feb 2012 14:51
    Last Modified: 13 Feb 2012 09:43
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/428

    Actions (login required)

    View Item