Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa SMP Negeri Kota Palembang Melalui Pemetaan Pikiran dan Pengenalan Struktur Teks

Subadiyono, Subadiyono (2008) Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa SMP Negeri Kota Palembang Melalui Pemetaan Pikiran dan Pengenalan Struktur Teks. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 9 (2). pp. 97-109. ISSN 1411-2388

[img]
Preview
PDF
Download (93Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3141Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu prototipe model pembelajaran keterampilan menulis siswa SMP melalui pemetaaan pikiran dan pengenalan struktur teks. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang berusaha merancang dan menciptakan prototipe model pembelajaran dengan spesifikasi tertentu. Model pembelajaran yang dikembangkan itu adalah model pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa SMP. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah guru dan siswa pada SMPN 1, SMPN 3, SMPN 10, SMPN 13, SMPN, 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe model pembelajaran keterampilan menulis melalui pemetaan pikiran dan pengenalan struktur teks sangat efektif digunakan dalam keterampilan menulis, baik itu menulis karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumnetasi, dan persuasi. Prototipe model pembelajaran itu meliputi materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian keterampilan menulis

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: stilistika, sarana puitik, komunikasi estetik
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 11 Apr 2014 13:42
      Last Modified: 11 Apr 2014 13:42
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4264

      Actions (login required)

      View Item