PENGEMBANGAN MATERI KESEBANGUNAN DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SMP NEGERI 5 TALANG UBI

Deboy, Henry and Zulkardi, Zulkardi and Indra Puri, Ratu Ilma (2007) PENGEMBANGAN MATERI KESEBANGUNAN DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SMP NEGERI 5 TALANG UBI. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2). pp. 46-55. ISSN 1978-0044

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Artikel pada Jurnal Pendidikan Matematika versi 1 (2) tahun 2007) - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan materi ajar matematika untuk memperoleh produk dalam bentuk buku siswa pada pokok bahasan Kesebangunan yang mengacu pada prinsip dan karakteristik PMRI serta mengujicobakan materi tersebut untuk melihat aktivitas, hasil belajar dan sikap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset pengembangan (development research) yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary study dan formativ study. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, analisis dokumen, observasi, test dan angket. Ujicoba penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Talang Ubi kelas IX yang melibatkan 30 siswa. Dari hasil ujicoba materi tersebut diperoleh simpulan : (1) menghasilkan materi ajar yang valid dan dapat digunakan untuk kelas IX SMP, (2) aktivitas siswa tergolong sangat aktif, (3) hasil belajar siswa termasuk kategori baik, dan (4) sikap siswa positif terhadap proses pembelajaran matematika menggunakan buku siswa dengan pendekatan PMRI. Kata kunci : PMRI, Riset Pengembangan, Kesebangunan

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
    Date Deposited: 08 Apr 2014 08:35
    Last Modified: 08 Apr 2014 08:35
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/4116

    Available Versions of this Item

    Actions (login required)

    View Item