Pergeseran Visi Pendidikan Perempuan dalam Kesejarahan Novel-Novel Indonesia: Kajian Kritik Sastra Feminis

Suhendi, Didi (2011) Pergeseran Visi Pendidikan Perempuan dalam Kesejarahan Novel-Novel Indonesia: Kajian Kritik Sastra Feminis. In: Prosiding Seminar Internasional Persembahan untuk 70 Tahun Prof. Dr. Siti Chamamah-Soeratno. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-979-185-263-0

[img]
Preview
PDF
Download (185Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (225Kb) | Preview

      Abstract

      Dilahirkan sebagai laki-laki atau perempuan merupakan takdir, kodrat, dan tidak bersifat arbitrasi. Setiap jenis kelamin itu memiliki hak yang sama untuk mengembangkan potensi intelektualitasnya dan menikmati kehidupan yang bebas dari segala bentuk ketidakadilan. Akan tetapi, hidup dalam budaya masyarakat yang menempatkan posisi laki-laki sebagai pusat kekuasaan membuat perempuan didominasi, disubordinasi, dan didiskriminasi dalam segala bidang kehidupan. Dalam masyarakat semacam ini, laki-laki dipandang superior terhadap perempuan di berbagai sektor kehidupan, baik domestik maupun publik. Dominasi laki-laki atas perempuan itu memperoleh legitimasi, terutama dari nilai-nilai agama yang tersosialisasi secara turun-temurun dari generasi ke generasi (Darwin, 2001:24). Ideologi yang memberikan legitimasi kepada laki-laki untuk mendominasi dan mengontrol tubuh, seksualitas, okupasi, status, dan peran perempuan, baik dalam keluarga maupun masyarakat, dikenal dengan ideologi patriarki (Sindhunata dan Banawiratma, 1996:8)

      Item Type: Book Section
      Uncontrolled Keywords: Kajian Kritik Sastra Feminis
      Subjects: L Education > L Education (General)
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 02 Apr 2014 12:10
      Last Modified: 02 Apr 2014 12:10
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3954

      Actions (login required)

      View Item