PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEMILAHAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Fatimah, Siti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEMILAHAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Jurnal Forum SOSIAL, VII (1). pp. 459-465. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (1508Kb) | Preview

    Abstract

    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Pemilahan Kartu dengan Mencocokan Kartu Indeks Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikPada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri1Tanjung Raja”. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMPNegeri 1 Tanjung Raja yang terdiri dari 6 kelas semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 194peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32peserta didik dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan Tes dan Observasi. Statistik yang digunakan untuk mengalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel = 1,99, sehingga pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif pemilahan kartu dengan mencocokan kartu indeks terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari rerata hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen sebelum mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 50,8 sedangkan setelah mendapat perlakuan maka rerata hasil belajar meningkat menjadi 79,1 dengan selisih sebesar 28,3. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 40,5 sedangkan setelah mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik menjadi 61,5 dengan selisih 21. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 87,5% dan kelas kontrol 89,58% sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif pemilahan kartu yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Pemilahan Kartu, Hasil Belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 04 Apr 2014 10:41
    Last Modified: 04 Apr 2014 10:41
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3941

    Actions (login required)

    View Item