Model Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Jaenudin, Riswan (2003) Model Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. In: Seminar Nasional Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial, 12 Juli 2003, FKIP Indralaya. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (958Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (11Mb) | Preview

      Abstract

      Memasuki era dan proses globalisasi yang semakin intens,masyarakat Indonesia yang sedang membangun memerlukan dan sekaligus diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu sumber daya manusia yang tangguh,berwawasan keunggulan,trampil,memiliki motif berprestasi tinggi, dan moral yang kuat (Tilaar,1999). Untuk kepentingan ini, pendidikan tentu memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pengembangan dan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut. Dalam kaitan ini, pendidikan IPS sebagai salah satu bagian dari sistem pendidikan nasional diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya diatas, khususnya dalam menyiapkan peserta didik menjadi warga negara dan warga masyarkat yang baik. Peserta didik yang memiliki berbagai kompetensi:intelektual,emosional,spiritual,dan sosial yang berkualitas sebagai bekal untuk menghadapi dan mengatasi segala macam akibar dari adanya perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan yang terdekat sampai yang terjauh (lokal,nasional,regiona, dan internasional) (Depdiknas,2001:7)

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: asesmen portofolio, pembelajaran IPS
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:52
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:52
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3915

      Actions (login required)

      View Item