Inovasi Model Penilaian Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran

Jaenudin, Riswan (2009) Inovasi Model Penilaian Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan, 14 Mei 2009, Palembang. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (222Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (318Kb) | Preview

      Abstract

      Penilaian sebagai bagian integral dari pembelajaran hendaknya tidak dilakukan sesaat, tetapi harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh yang meliputi semua komponen proses dan hasil belajar sehingga dapat menggambarkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan penilaian selain digunakan instrumen tes perlu dilengkapi dengan penilaian terhadap kinerja peserta didik dalam bentuk penugasan-penugasan, catatan perilaku harian, dan laporan aktivitas peserta didik di sekolah dan di luar sekolah yang menunjang kegiatan belajarnya. Oleh karena itu hendaknya dikembangkan sistem penilaian yang berbasis portofolio, yaitu suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang perkembangan wawasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik yang bersumber dari catatan dan dokumentasi hasil karya, kinerja, dan aktivitas belajarnya. Dokumentasi hasil karya, kinerja, dan aktivitas belajar tersebut dapat menunjukkan dan membuktikan adanya upaya belajar, proses dan hasil belajar, serta kemajuan belajar peserta didik dalam jangka waktu tertentu

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Model Penilaian berbasis Portofolio, pembelajaran
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:51
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:51
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3901

      Actions (login required)

      View Item