Pengembangan Model Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Jaenudin, Riswan (2010) Pengembangan Model Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Forum Kependidikan FKIP Unsri, 30 (2). pp. 144-155. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF
Download (653Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (6Mb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen portofolio yang digunakan untuk menggambarkan prestasi dan kemajuan belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan sebagai beriku: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) pengujian model. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman studi dokumentasi, angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes hasil belajar. Pengolahan dan teknik analisis data digunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukan: (1) penilaian pembelajaran IPS sebelum menerapkan model asesmen portofolio cenderung dilakukan melalui tes hasil belajar, (2) Model asesmen portofolio dikembangkan melalui empat tahapan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menerapkan model asesmen portofolio terhadap hasil belajar siswa

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Asesmen, portofolio, kualitas pembelajaran IPS
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:52
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:52
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3896

      Actions (login required)

      View Item