Asesmen Portofolio: Suatu Alternatif Model Penilaian Pembelajaran

Jaenudin, Riswan (2011) Asesmen Portofolio: Suatu Alternatif Model Penilaian Pembelajaran. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas PGRI Palembang, Palembang, pp. 36-51. ISBN 978-602-95793-1-4

[img]
Preview
PDF
Download (1120Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (8Mb) | Preview

      Abstract

      Dalam rangka membentuk dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di era globalisasi dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan dalam hal ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Penilaian sebagai bagian integral dari pembelajaran, kualitasnya harus ditingkatkan. Penilaian tidak dilakukan sesaat, tetapi harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh yang meliputi semua komponen proses dan hasil belajar. Model penilaian alternatif yang dapat mengungkap seluruh aspek proses dan hasil belajar, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor adalah model penilaian yang berbasis portofolio (portfolio based assessment) atau asesmen portofolio. Asesmen portofolio merupakan proses pengumpulan berbagai data atau informasi yang dilakukan oleh guru, disusun secara sistematik, menunjukkan dan membuktikan upaya belajar, proses belajar, kemajuan atau prestasi belajar siswa berupa koleksi/kumpulan hasil karya, kinerja, dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran (di kelas dan di luar kelas) dalam jangka waktu tertentu. Dalam asesmen portofolio terdapat prinsip-prinsip dan karakteristik yang dimiliki dan implementasinya dapat dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, pendokumentasian, dan penggunaan. Asesmen portofolio tidak hanya dilakukan dalam satu kali penilaian, melainkan secara berulang-ulang dan bahkan terus menerus hingga memperoleh data yang lengkap dan akurat tentang hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan perencanaan, ketelitian, kesabaran, kreativitas, dan keprofesionalan guru, serta peran aktif siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen portofolio terbukti efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (proses dan hasil belajar). Hal tersebut teridentifikasi dari indikator-indikator asesmen portofiolio yang secara signifikan memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran. Oleh karena itu penilaian yang berbasis portofolio atau asesmen portofolio perlu dilakukan dalam rangka peningkatkan kualitas pembelajaran

      Item Type: Book Section
      Uncontrolled Keywords: Asesmen Portofolio, Penilaian Pembelajaran
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:52
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:52
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3892

      Actions (login required)

      View Item