Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lais Musi Banyu Asin

Jaenudin, Riswan and Basir, Djahir,M and Harmadi, Harmadi Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lais Musi Banyu Asin. Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 101-114. ISSN 2087-9903

[img]
Preview
PDF
Download (2698Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (12Mb) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pada motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe posttest-only control design. Populasinya adalah semua siswa di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin, dengan sampel kelas Vll.l dan VIl.Z. Media yang digunakan adalah media video yang diproduksi oleh Pustekkom Depdiknas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Untuk menguji hipotesis dan mengetahui dampak dari penggunaan media video pada motivasi dan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kebanyakan siswa di kelas eksperimen memiliki motivasi tinggi, yaitu 87,57%, sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukkan 32,5%. Hasil pembelajaran dalam kelas eksperimen juga menunjukkan jumlah siswa yang mendapat hasil belajar tinggi mencapai 87,55%, sementara di kelas kontrol 55 %. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh efektif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: media video, motivasi belajar, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:52
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:52
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3891

      Actions (login required)

      View Item