Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS)

Jaenudin, Riswan (2012) Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Forum Sosial, 5 (1). pp. 77-86. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (2867Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (9Mb) | Preview

      Abstract

      Arus globalisasi yang bergerak begitu cepat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi komunikasi, membawa pengaruh multidimensional dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu bidang pendidikan yang terpengaruh arus globalisasi adalah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Agar pembelajaran IPS dapat sesuai dengan perkembangan zaman, maka perlu ada pembaharuan terhadap konsep-konsep pembelajarannya. Hal ini penting, karena pembelajaran IPS berangkat dari konsep-konsep yang berkembang dalam kehidupan manusia. Konsep, prinsip, dan pendekatan dalam pembelajaran IPS merupakan satu kesatuan. Untuk itu pembaharuan konsep, prinsip, dan pendekatan pembelajaran Pendidikan IPS perlu dilakukan. Dengan adanya pembaharuan terhadap konsep, prinsip, dan pendekatan Pendidikan IPS sesuai dengan arus globalisasi dan perkembangan zaman diharapkan pembelajaran IPS akan lebih menarik dan bermakna, sehingga tujuan pembelajaran IPS dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Globalisasi,Pendidikan IPS
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 01 Apr 2014 14:52
      Last Modified: 01 Apr 2014 14:52
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3887

      Actions (login required)

      View Item