Peran Aspek Afektif Pada Prosedur Keselamatan Kerja Sebagai Salah Satu Integrasi Penerapan Pendidikan Karakter Di SMK

Farhan Yadi, Farhan (2010) Peran Aspek Afektif Pada Prosedur Keselamatan Kerja Sebagai Salah Satu Integrasi Penerapan Pendidikan Karakter Di SMK. Seminar Nasional "Character Building for Vocational Education", 5. pp. 32-42. ISSN 1907-8366

[img]
Preview
PDF (Preceeding) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (762Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan Karakter merupakan suatu terobosan didalam mengatasi permasalahan moral dan karakter yang buruk di indonesia. Salah satu aspek yang sangat berperan dalam pendidikan karakter ini adalah aspek afektif. Peran aspek afektif pada Prosedur keselamatan kerja sebagai salah satu bentuk integrasi penerapan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Nilai-nilai afektif di lebur didalam pelatihan atau praktek kerja di sekolah menengah kejuruan bertujuan menjadikan peserta didik cerdas, handal, kreatif, dan berkarakter yang baik. Praktek kerja merupakan simulasi nyata peserta didik dalam proses interaksi sosial dan alam yang telah diberi sikap dan sifat pembentukan karakter yang baik seperti kejujuran, bertanggung jawab, percaya diri, keadilan, peduli, dan kerja sama. Penilaian Afektif sangat berperan dalam hasil belajar dan merupakan cermin dari keberhasilan penerapan pendidikan karakter. Guru sebagai pendidik telah ditutut professional dalam mengukur dan menilai tingkatan aspek afektif.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Mechanical Engineering Education
    Depositing User: Farhan Yadi bin ali fikri asri
    Date Deposited: 02 Apr 2014 09:09
    Last Modified: 02 Apr 2014 09:09
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3856

    Actions (login required)

    View Item