Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang Pada Pembelajaran Matematika

Ilma, Ratu (2012) Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1). P76. ISSN ISBN: 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
PDF (Makalah ini telah terbit di Prosiding Seminar Nasional UNY 10 November 2012) - Published Version
Download (250Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari makalah ini untuk menginformasikan sebagian dari penelitian hibah strategi nasional tahun 2012 yang menggunakan nilai-nilai kearifan yang diambil dari bermacam cerita rakyat Indonesia. Metode yang digunakan adalah Design Research yang setiap siklusnya terdiri tiga langkah yaitu preliminary study, classroom eksperiment dan restropective analysis. Pada makalah ini hanya dibahas langkah preliminary saja. Kegiatan utama yang dilaksanakan meliputi investigasi berbagai cerita rakyat, analisis kurikulum, studi pustaka, dan pendisainan prototipe awal. Telah dihasilkan 7 Hypotetical Learning Trajectory (HLT) yang menggunakan konteks cerita rakyat Indonesia. Satu konteks cerita rakyat yaitu ‘Malin Kundang’ akan ditampilkan pada seminar ini. Keywords: HLT, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Malin Kundang, PMRI, Cerita Rakyat, Design Research

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dr Ratu Ilma
    Date Deposited: 02 Apr 2014 10:44
    Last Modified: 02 Apr 2014 10:44
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3842

    Actions (login required)

    View Item