Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Sekolah Menengah Pertama

Jaenudin, Riswar (2013) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Sekolah Menengah Pertama. Forum Sosial, 6 (2). pp. 353-362. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (2128Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (10Mb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara yang valid, praktis dan mengetahui efek potensial dari buku ajar tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Akker dan Tessmer. Tahapan penelitian terdiri dari tahap: pendahuluan, desain dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, dan tes hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil penelitian pada tahap pendahuluan diperoleh data tentang kondisi pembelajaran IPS yang memerlukan pembaharuan dalam pembelajarannya, antara lain hasil wawancara dengan teman sejawat dan siswa, analisis Silabus, karakteristik siswa, dan analisis buku sehingga dihasilkan desain buku ajar IPS Terpadu. Selanjutnya desain buku ajar tersebut divalidasi dan diujicobakan. Validasi dilakukan oleh tiga validator dengan hasil 78,65 % kategori valid. Tahap one to one dilakukan terhadap tiga orang siswa dengan katagori baik, kemudian pada small group diberikan angket kepada 10 orang siswa, hasilnya 87, 8 % merespon sangat baik. Tahap Field Test dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Buku Ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara di kelas IX.2. Hasilnya menunjukkan 85,6 % siswa aktif, dan hasil tes menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 26,07 %, dari rata-rata pretest 61,87 dan hasil post test 78,00. Dengan demikian Buku Ajar IPS Terpadu pada Tema Kehidupan Bernegara yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru-guru IPS kelas IX untuk menggunakan Buku Ajar IPS Terpadu ini di sekolah masing-masing

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Bahan Ajar,IPS Terpadu
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 28 Mar 2014 17:17
      Last Modified: 01 Apr 2014 09:01
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3827

      Actions (login required)

      View Item