Pengaruh Model Pembelajaran Kontrol Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang

Jaenudin, Riswan and Haryani, Maya and AR, Rusmin (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kontrol Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang. Forum Sosial, 7 (1). pp. 418-430. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (3557Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (14Mb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah 382 orang siswa. Sampel yang diambil sebanyak 72 orang dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan observasi. Hasil observasi terhadap penerapan model pembelajaran kontrol diri di kelas eksperimen pada pertemuan pertama diketahui sebesar 44,4% dengan kategori cukup, pertemuan kedua sebesar 66,7% dengan kategori baik, dan pertemuan ketiga sebesar 88,9% dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil observasi terhadap peningkatan motivasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontrol diri pada pertemuan pertama adalah sebesar 25% dengan kategori kurang, pada pertemuan kedua sebesar 50% dengan kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 80% dengan kategori baik. Hasil analisis data angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran kontrol diri diperoleh nilai rata-rata sebesar 130,69, sedangkan rata-rata nilai motivasi pada kelas kontrol sesudah menggunakan model pembelajaran langsung adalah 111,47. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 19,222. Hasil perhitungan uji-t didapat nilai t-hitung 14,091 > t-tabel (df:70) 1,994, tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang. Dengan demikian diharapkan model pembelajaran kontrol diri dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran mata pelajaran Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk penelitian berikutnya diharapkan agar peneliti dapat memilih dan menyesuaikan model pembelajaran yang akan digunakan dengan melihat dari kondisi siswa dan lingkungan belajar

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kontrol diri, model pembelajaran langsung, motivasi belajar
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 28 Mar 2014 17:17
      Last Modified: 01 Apr 2014 09:01
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3826

      Actions (login required)

      View Item