Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran

Jaenudin, Riswan (2014) Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran. In: Seminar Kenaikkan Jabatan Lektor III-c ke Lektor Kepala III-d , 18 Maret 2014, FKIP UNSRI. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (203Kb) | Preview

    Abstract

    Asesmen pada hakikatnya merupakan kegiatan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan belajar yang telah dicapai peserta didik setelah berlangsungnya pembelajaran. Indikator yang digunakan sebagai tolok ukurnya ditentukan dari tercapai tidaknya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penilaian yang dilakukan hanya menggunakan tes pada akhir pembelajaran dan terbatas pada aspek kognitif menyebabkan terjadinya permasalahan dan ketidakadilan dalam menilai keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu proses penilaian harus dilakukan selama pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga hasil penilaian dapat menggambarkan proses dan hasil belajar peserta didik yang sebenarnya. Asesmen alternatif merupakan jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Asesmen alternatif yang dimaksudkan adalah pemanfaatan pendekatan non tradisional (non tes baku; objektif tes) untuk memberikan penilaian kinerja/proses dan hasil belajar peserta didik secara menyeluruh dan sebenarnya. Asesmen alternatif sering disebut juga asesmen kinerja atau asesmen autentik, dan asesmen portofolio pada prinsipnya terdiri dari dua bagian, yaitu tugas-tugas (task) dan kriteria penilaian(rubric). Oleh karena masih terdapat kekurangan atau kelemahan dalam melakukan asesmen, maka pendidik (guru/dosen) harus memiliki kompetensi dalam: (1) memilih dan mengembangkan metode asesmen yang tepat, (2) melaksanakan, menskor, dan menginterpretasi hasil asesmen, (3) menggunakan hasil asesmen untuk membuat keputusan, menentukan nilai yang valid, dan (4) mengkomunikasikan hasil asesmen kepada pihak yang berkepentingan

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: asesmen, asesmen alternatif, pembelajaran
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 28 Mar 2014 17:17
    Last Modified: 01 Apr 2014 09:00
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3824

    Actions (login required)

    View Item