Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan”Model Continuous Quality Improvement (CQI) Dengan Plan, Do Study, ACT (PDSA)” Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang

Sumarni, Sri (2009) Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan”Model Continuous Quality Improvement (CQI) Dengan Plan, Do Study, ACT (PDSA)” Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang. Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Inderalaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1048Kb) | Preview

    Abstract

    MBS adalah salah satu manajemen yang bertujuan untuk memberdayakan sekolah, terutama sumber daya manusianya yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, masyarakat dan lainya yang dapat memberikan masukan terhadap sekolah. MBS dijadikan sebagai alternatif dalam reformasi pendidikan dikarenakan sentralistik selama ini dilakukan di sekolah-sekolah memiliki banyak kelemahan (seperti pengambilan keputusan oleh pusat tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah dan birokrasinyapun masih berbelit-belit), sekolah berkesempatan untuk berpartisipasi memajukan peserta didik apabila guru, orang tua peserta didik dan masyarakat ikut bertanggung jawab mengelola sekolah. Berkaitan dengan pengembangan MBS melalui “Model Manajemen Berbasis CQI dengan PDSA” belum banyak yang mengenalnya terutama kepala sekolah dan guru. Model pengembangan ini diyakini berkorelasi dengan peningkatan proses MBS dan mutu sekolah. Oleh karena itu MBS dengan pengembangan “Model Manajemen Berbasis CQI dengan PDSA” dengan tujuan peningkatan pelaksanaan MBS yang bermutu sangat penting dan dibutuhkan oleh sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah, walaupun pada saat ini penulis hanya membatasi pada SMP saja. Secara umum penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi komponen-komponen MPMBS yang sudah dilaksanakan di Sekolah Menengah tingkat Pertama pada periode terakhir sebelum penelitian ini dimulai, (2) mengembangkan dan mengimplementasikan MBS dengan “Model Manajemen CQI dengan PDSA”, (3) mengevaluasi serta merevisi konsep MBS yang diimplementasikan untuk SMP, (4) menghasilkan pedoman penerapan MBS menggunakan model pengembangan CQI dengan PDSA di masing-masing SMP.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Uncontrolled Keywords: MBS, Model CQI, PDSA
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Primary School Teacher Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 28 Mar 2014 13:10
    Last Modified: 28 Mar 2014 13:10
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3813

    Actions (login required)

    View Item