Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Menumbuhkembangkan Kecerdasan Emosional Melalui Teknik Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas III SDN 262 Palembang.

Sumarni, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Menumbuhkembangkan Kecerdasan Emosional Melalui Teknik Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas III SDN 262 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (1). pp. 79-92. ISSN 2087-9903

[img]
Preview
PDF
Download (14Mb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk memperbaiki hasil pelajaran bahasa inggris dan mengembangkan kecerdasan emosi dari 21 siswa dari tiga kelas SD Negeri 262 Palembang, pada tahun akademik 2010/2011 melalui permainan bahasa teknis. Penelitian ini telah dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus memiliki langkah-langkah berikut: perencanaan, tindakan, obsevasi, refleksi, dan revisi. Hal ini dilakukan selama sekitar tiga bulan (24 pertemuan). Data itu berupa pos reset dari nilai siswa tiap siklus, maka mereka dianalisis dengan menggunakan test untuk memenuhi tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari hasil tes bahasa inggris. Jadi dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan kecerdasan emosional secara signifikan antara sebelum dan sesudah teknik yang diajarkan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa permainan bahasa teknis dapat meningkatkan nilai siswa dalam bahasa Inggris dan mengembangkan kecerdasan emosional mereka. Kata kunci: kecerdasan emosional, permainan bahasa, hasil belajar bahasa Inggris

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Primary School Teacher Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 28 Mar 2014 12:51
    Last Modified: 28 Mar 2014 12:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3805

    Actions (login required)

    View Item