Pengembangan Buku Kerja Untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Berbasis Konstruktivisme.

Sumarni, Sri (2011) Pengembangan Buku Kerja Untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 151-160. ISSN 2087-9903

[img]
Preview
PDF
Download (12Mb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan buku kerja untuk mata kuliah Pendidikan Pancasila yang valid, praktis, dan efektif untuk mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dan model pembangunannya adalah model IDI. Penelitian ini terdiri dari tiga langkah, yaitu: analisis kebutuhan, pprototipe dan evaluasi. Kegiatan analisis kebutuhan yang dilakukan meliputi : analisis bahan, analisis buku pendidikan, review literatur buku kerja mahasiswa, wawancara dengan mahasiswa dan dosen penanggung jawab mata kuliah dan mempelajari karakteristik mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dikembangkan prototipe buku kerja. Setelah itu prototipe ini divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli konstruksi dan ahli content. Pada langkah evaluasi, protipe diuji cobakan pada mahasiswa PS keperawatan pada STIK Bina Husada Palembang semester pertama dan diamati oleh dua pengamat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) buku kerja mata kuliah Pancasila yang dirancang dinyatakan valid berdasarkan pengamatan ahli, 2) penggunakan buku kerja tersebut dalam proses pemebelajaran tidak menghadapi halangan, baik didasarkan pada pengamatan mahasiswa maupun dosen, dan 3) buku kerja tersebut efektif yang ditunjukan dari hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: buku kerja mahasiswa, kontruktivisme, mata kuliah pendidikan pancasila
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Primary School Teacher Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 28 Mar 2014 12:51
    Last Modified: 28 Mar 2014 12:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3804

    Actions (login required)

    View Item