IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA MATA KULIAH METODE STATISTIKA I

Indra Puri, Ratu Ilma (2012) IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA MATA KULIAH METODE STATISTIKA I. Prosiding KNM XVI Unpad, Jatinangor, 1 (1). pp. 450-460. ISSN 978-602-15590-2-2

[img]
Preview
PDF (Makalah ini telah terbit pada prosiding KNM XVI Unpad, Jatinangor 2012) - Published Version
Download (250Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar metode statistika I dan mengetahui peningkatan aktivitas mahasiswa/i pada mata kuliah metode statistika I yang disusun melalui penerapan lesson study dan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Subjek penelitian adalah mahasiswa/i calon guru matematika semester III FKIP Unsri yang mengikuti materi metode statistika I. Dari hasil analisis observasi aktivitas mahasiswa/i selama mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI, dapat dilihat dari peningkatan aktivitas mahasiswa/i dari pertemuan I dan II, diperoleh persentase masing-masing indikator sebagai berikut. mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru atau teman pada siklus 1 sebesar 75 % meningkat pada siklus II menjadi 89%, membaca/memahami masalah di blog yang di dalamnya menggunakan konteks pada siklus I sebesar 83% meningkat pada siklus II menjadi 90%, melakukan kegiatan pada bahan ajar pada siklus I sebesar 80% meningkat pada siklus II menjadi 87%, menulis (yang relevan dengan KBM) pada siklus I sebesar 81% meningkat pada siklus II menjadi 85%, berdiskusi/bertanya antara mahasiswa/i dan dosen atau interaktifitas pada siklus I sebesar 80% meningkat pada siklus II menjadi 89%, berargumentasi tentang jawaban mahasiswa/i pada siklus I sebesar 75% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Diharapkan hasil dari penelitian ini bagi dosen mata kuliah Metode Statistika I, dapat menggunakan bahan ajar berbasis PMRI yang telah dibuat pada materi regresi linear sederhana, sebagai alternatif dalam memperkaya variasi pembelajaran dan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Bagi mahasiswa/i diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran sehingga tidak kaku dalam berkomunikasi dan termotivasi untuk memperkaya pengalaman belajarnya. Kata Kunci: Lesson Study, PMRI, Metode Statistika I, Blog, Aktivitas Mahasiswa

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dr Ratu Ilma
    Date Deposited: 27 Mar 2014 13:49
    Last Modified: 27 Mar 2014 13:49
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3780

    Actions (login required)

    View Item