EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BAGI GURU MATEMATIKA SUMATERA SELATAN

Indra Puri, Ratu Ilma (2014) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BAGI GURU MATEMATIKA SUMATERA SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 1 (1). pp. 522-527. ISSN 978-608-602-70135-0-6

[img]
Preview
PDF (Makalah ini sudah dipresentasikan pada Seminar Nasional PEP UNJ) - Published Version
Download (572Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitan ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bagI guru matematika di Sumatera Selatan, yang dilihat dari (1) Apa reaksi peserta terhadap pelatihan PMRI? (2) Apakah peserta telah memahami materi tentang pendekatan PMRI, mengaplikasikan PMRI d kelas, serta mengevaluasi pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PMRI? Model evaluasi program yang digunakan adalah model Kirkpatrick. Subjek Penelitian dari penelitian ini adalah: seluruh peserta pelatihan ” Seminggu PMRI” yang terdiri dari 100 orang guru dari 15 SD dan 2 MIN di Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data adalah angket terbuka dan tertutup untuk mengukur reaksi peserta pelatihan PMRI, tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta, serta observasi pada saat simulasi di depan kelas untuk mengukur pemahaman peserta dalam mengaplikasikan pembelajaran PMRI. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil angket menunjukkan seluruh (100%) peserta mempunyai reaksi yang sangat positif terhadap program pelatihan PMRI. Dari hasil observasi menunjukkan mampu mengajarkan materi di depan peserta pelatihan dengan baik. Dari hasil tes yang diberikan terhadap peserta diketahui bahwa seluruh peserta dinyatakan memahami materi pelatihan PMRI dengan baik. Kata Kunci: Program Pelatihan, Pendekatan PMRI, Simulasi, Guru Matematika, Model Kirkpatrick.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dr Ratu Ilma
    Date Deposited: 27 Mar 2014 13:48
    Last Modified: 27 Mar 2014 13:48
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3778

    Actions (login required)

    View Item