PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME

Indra Puri, Ratu Ilma (2013) PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME. Prosiding Sendimat PPPPTK Yogyakarta. (In Press)

[img]
Preview
PDF (Makalah ini sudah dipresentasikan di Seminar Nasional Pendidikan Matematika di PPPPTK Yogyakarta 2013) - Accepted Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul evaluasi pembelajaran menggunakan teori belajar konstruktivisme yang valid dan praktis, serta mengetahui efek potensial dari modul yang dikembangkan dilihat dari kemampuan mahasiswa membuat dan mengujicobakan lembar observasi, butir soal dan rubrik penilaian soal. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan type formative evaluation (Tessmer, 1993, Zulkardi, 2002) yang terdiri dari dua tahapan yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 yang terdiri dari 43 mahasiswa Pendidikan Matematiika FKIP Unsri. Teknik pengumpulan data pada tahap preliminary adalah analisis dokumen, sedangkan pada tahap formative evaluation adalah walktrough, observasi, dan tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) telah dihasilkan modul evaluasi pembelajaran dapat memberikan pemahaman terhadap materi evaluasi pembelajaran yang terdiri dari 9 bagian modul yaitu hakikat evaluasi pembelajaran, alat ukur tes, non tes, pengembangan tes uraian, bagaimana menulis tes uraian, pengembangan tes objektif, pengembangan non tes (angket, wawancara, portofolio), PISA, TIMSS; (2) melalui modul evaluasi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teori konstruktivisme menunjukkan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep materi evaluasi pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam mengembangkan lembar observasi, soal dan rubrik soal baik essay, maupun objektif dan mendapatkan pengalaman pada saat mengujicobakannya. Kata Kunci: Modul, Evaluasi Pembelajaran, Teori Belajar Konstruktivisme, Development Research, PISA, TIMMS

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Mathematics Education
    Depositing User: Dr Ratu Ilma
    Date Deposited: 27 Mar 2014 13:46
    Last Modified: 27 Mar 2014 13:46
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3775

    Actions (login required)

    View Item