Mode Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Mahasiswa

Hartono, Hartono (2011) Mode Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Mahasiswa. In: Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4 - Peran Lesson Study dalam Meningkatkan Profesionalitas Pendidik dan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional Development. FMIPA Universitas Negeri Malang , Malang, pp. 432-437. ISBN 978-602-97895-5-3

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dan mendapatkan tipe pembelajaran kooperatif yang sesuai untuk pembelajaran pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 41 orang yang terdaftar pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diselenggarakan dalam kegiatan pengembangan keprofesionalan dosen melalui wadah lesson study yang langkah-langkahnya meliputi plan, do, dan see (refleksi). Sejumlah lima orang dosen juga terlibat dalam penelitian ini dalam tahapan kegiatan plan, observer, dan refleksi. Temuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode kelompok kecil dan presentasi dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dalam pembelajaran

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, ktrampilan komunikasi, kurikulum, buku teks kimia
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Dr, M.A. Hartono Hartono
    Date Deposited: 24 Mar 2014 12:16
    Last Modified: 24 Mar 2014 12:16
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3735

    Actions (login required)

    View Item