MEMBANGUN INSAN BERKARAKTER CERDAS DAN TANGGUH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH

A.R., Aisyah (2012) MEMBANGUN INSAN BERKARAKTER CERDAS DAN TANGGUH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Tahun 2012. pp. 228-237.

[img] Microsoft Word
Download (53Kb)

    Abstract

    Secara opersional pendidikan olah raga di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berwatak, berakhlak mulia, sehat jasmani rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Oleh karena itu proses menjadikan individu cerdas, bermartabat, beriman, kuat, tangguh dans ehat jasmani rohani membutuhkan pembelajaran yang dikelola atau di manej secara strategis tertama di dalam menyelenggarakan pembelajaran olah raga di sekolah. Bahkan dapat dikatakan manajemen pembelajaran olah raga merupakan jantungnya pendidikan olah raga dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu sosok guru yang professional dalam mengelola manajemen sangat dibutuhkan dan menjadi suatu hal yang sangat penting. Penulisan ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, kajiannya bagaimana implementasi manajemen pembelajaran olah raga berkarakter di sekolah yang dibahas melalui: a) Guru yang cerdas dan tangguh dalam memenaj pembelajaran, b) peran guru olah raga yang cerdas dalam menanamkan kejujuran, disiplin, percaya diri, peduli, tangguh, mendiri, gigih, tegas, bertanggung jawab, kreatif, kritis dan disiplin.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: insan cerdas dan tangguh, manajemen pembelajaran, olah raga
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Educational Psychology and Counseling
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 12 Mar 2014 09:31
    Last Modified: 12 Mar 2014 09:31
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3551

    Actions (login required)

    View Item