PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EFEK DOPPLER DENGAN MEDIA INTERAKTIF MELALUI FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

A.R., Aisyah (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EFEK DOPPLER DENGAN MEDIA INTERAKTIF MELALUI FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3 (1). pp. 1-11. ISSN 2087-9903

[img] Microsoft Word
Download (108Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar efek dopler dengan media interaktif melalui facebook yang valid dan praktis, (2) mengetahui efek potensial materi pembelajaran efek doppler dengan media interaktif melalui facebook dengan observasi dan test kognitif di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitiannya adalah penelitian pengembangan jenis penelitian formatif. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu: evaluasi diri, prototyping (validasi, evaluasi, dan revisi ) dan uji lapangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang berjumlah 36 siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bahan ajar efek Doppler dengan media interaktif memiliki efek potensial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan yang menunjukkan minat dan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,89 dalam kategori baik dengan kriteria ketuntasan minimal 63, yaitu sebesar 94,44 %.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: bahan ajar efek dopler, media interaktif, facebook.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Educational Psychology and Counseling
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 12 Mar 2014 10:55
    Last Modified: 12 Mar 2014 10:55
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3550

    Actions (login required)

    View Item