PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

A.R., Aisyah (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3 (2). pp. 137-148. ISSN 2087-9903

[img] Microsoft Word
Download (92Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan program Adobe Flash CS4 Professional yang dikemas ke dalam CD pembelajaran. Penelitian ini adalah riset pengembangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas SMP 46 Palembang dengan total 40 siswa. Alur dalam penelitian ini melalui tahapan analisis, desain, evaluasi dan revisi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Baker dan Schutz. Untuk menentukan validitas media yang dikembangkan, diambil melalui validasi para ahli dan para guru, dan secara paralel juga dilakukan uji satu-satu. Untuk mengetahui praktikalitas, dilakukan uji kelompok kecil, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan uji lapangan. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa. Dengan menggunakan review ahli, uji satu-satu, uji kelompok kecil, dan uji lapangan disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari 40 siswa terdapat 10 siswa (25%) mencapai hasil belajar dengan kategori sangat baik (nilai 80-100), 30 siswa (75%) memiliki hasil belajar dalam kategori baik (nilai 66 -79).

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pendidikan kewarganegaraan, Adobe Flash CS4
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program of Educational Psychology and Counseling
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 12 Mar 2014 11:00
    Last Modified: 12 Mar 2014 11:00
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3546

    Actions (login required)

    View Item