PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH

A.R., Aisyah (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (1). pp. 65-78. ISSN 2087-9903

[img] Microsoft Word
Download (1458Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar pada pembelajaran kimia. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Multimedia ini dikembangkan melalui enam tahapan, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, testing, dan evaluasi. Untuk melihat validitas dilakukan evaluasi ahli, untuk melihat praktikalitas, digunakan evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil, sedangkan untuk melihat efek potensial digunakan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa dengan kategori sangat baik 65% dan kategori baik 35%. Hasil belajar dengan kategori sangat baik 40% dan kategori baik 60%. Dengan menggunakan evaluasi ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan, disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah valid, praktis, dan memiliki efek potensial pada hasil belajar siswa.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pembelajaran kimia, hasil belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Study Program Out of School Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 12 Mar 2014 09:21
    Last Modified: 12 Mar 2014 09:21
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3537

    Actions (login required)

    View Item