Metode Praktikum Untuk Melatih Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Materi Tekanan Dan Getaran Di Kelas Viii Smp N 1 Kayuagung

Murniati, Murniati and Noviyanti, Eka (2012) Metode Praktikum Untuk Melatih Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Materi Tekanan Dan Getaran Di Kelas Viii Smp N 1 Kayuagung. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Indralaya. ISBN 978-602-97711-8-3 (Submitted)

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (269Kb) | Preview

    Abstract

    Menurut Carin dan Sund (dalam Depdiknas:2011) mendefinisikan IPA sebagai “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen”. Berpijak dari defenisi di atas mengisyaratkan bahwa pembelajaran IPA mengingikan adanya proses yang menfasilitasi siswa untuk berlatih menemukan konsep lewat pengamatan, dalam mewujudkan kondisi pembelajaran yang berisikan penemuan salah satunya dengan metode praktikum. Hal tersebuut diperkuat oleh pendapat Lazarowitch, dan Tamir (dalam Simalango dan Muchtar:2008) yang menyatakan bahwa metode praktikum adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada murid-murid untuk menemukan sendiri sesuatu fakta yang diperlukannya atau ingin diketahui. Pembelajaran IPA memungkinkan sekali untuk mendidik pengetahuan dan ketrampilan psikomotorik siswa.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Psikomotorik, Tekanan dan Getaran
    Subjects: Q Science > QP Physiology
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 07 Mar 2014 11:27
    Last Modified: 13 Mar 2014 12:33
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3523

    Actions (login required)

    View Item