Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Sekolah I Berdasarkan Analisis Kompetensi Dasar Pada Kurikulum SMP

Murniati, Murniati (2011) Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Sekolah I Berdasarkan Analisis Kompetensi Dasar Pada Kurikulum SMP. In: Prosiding Seminar Nasional. Poltek Negeri Sriwijaya, Indralaya. ISBN 978-602-97711-4-5 (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview

    Abstract

    Mata kuliah Fisika Sekolah I berada dalam kelompok mata kuliah MKK yang diberikan pada mahasiswa semester III. Sebelum perkuliahan tatap muka kami sebagai pengampu mata kuliah menyusun silabus dan satuan acara perkuliahan. Silabus dan SAP disusun berpedoman pada kurikulum Sekolah Menengah Pertama, dengan memperhatikan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Mahasiswa calon guru fisika di SMP harus lebih menguasai landasan ilmu dan ketrampilan tertentu yang nanti menjadi bekal untuk diberikannya kepada siswa SMP. Menyusun silabus dan satuan acara perkuliahan dengan metode analisis instruksional, menurut Abd. Gafur (1984:46) dapat dilakukan dengan dua langkah sebagai berikut : 1)Langkah pertama ialah menuliskan semua tugas tugas yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. 2)Langkah kedua ialah menyusun daftar tugas secara mendetail dan urut sesuai dengan urutan senyatanya manakala tugas itu dilaksanakan. Analisis instruksional yang dilakukan supaya kemampuan konsep dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa calon guru fisika di SMP bisa terjadi secara sistematis dan kontinu tanpa ada pengulangan pada setiap tatap muka.

    Item Type: Book Section
    Uncontrolled Keywords: Fisika sekolah I, analisis instruksional
    Subjects: Q Science > QP Physiology
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 07 Mar 2014 10:53
    Last Modified: 07 Mar 2014 11:27
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3520

    Actions (login required)

    View Item