Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep Pendahuluan Fisika Inti Dengan Model Group Investigation Pada Program Guru Fisika Bertaraf Internasional FKIP Universitas Sriwijaya

Murniati, Murniati (2012) Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Memahami Konsep Pendahuluan Fisika Inti Dengan Model Group Investigation Pada Program Guru Fisika Bertaraf Internasional FKIP Universitas Sriwijaya. Forum MIPA , 15 (2). (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (258Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa pada konsep pendahuluan fisika inti dan partisipasi mahasiswa selama proses perkuliahan dengan model group investigation. Mata kulah pendahuluan fisika inti termasuk mata kuliah keahlian yang wajib diambil mahasiswa dengan bobot 3 SKS disediakan pada semester VII. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini harus sudah mengikuti mata kuliah fisika modern sebagai mata kuliah prasyarat. Pelaksanaan perkuliahan pada tahun ajaran 2011/2012 dengan model kooperatif STAD, hasil yang diperoleh mahasiswa untuk nilai A dan B 47 % dan keaktifan mahasiswa masih rendah, sehingga untuk tahun ajaran 2012/2013 pengampu mata kuliah menerapkan model group investigation. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, hasil yang diperoleh mahasiswa untuk nilai A dan B pada siklus satu 12 %, sedangkan pada siklus dua 57 %. Hasil observasi untuk aktivitas sangat baik, untuk memantau aktivitas diterapkan metode ask whit the cards (metode kartu).

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Pendahuluan fisika inti, Group investigation, ask with the card
    Subjects: Q Science > QP Physiology
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 07 Mar 2014 11:26
    Last Modified: 07 Mar 2014 11:26
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3518

    Actions (login required)

    View Item