PENGARUH PEMANASAN DAN PENAMBAHAN ANTIOKSI DAN BHT PADA MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) DAN KINETIKA REAKSI OKSIDASI

Riyanti, Fahma and Loekitowati H., Poedji and Muharrani, Rizki (2011) PENGARUH PEMANASAN DAN PENAMBAHAN ANTIOKSI DAN BHT PADA MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa Linn.) DAN KINETIKA REAKSI OKSIDASI. In: SEMINAR NASIONAL SAINS IV (2011) “PERAN SAINS DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN”, 12 N0VEMBER 2011, Bogor.

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (54Kb)
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (105Kb) | Preview

      Abstract

      Telah dilakukan penelitian mengenai “Pengaruh Pemanasan dan Penambahan Antioksidan BHT (Butil Hidroksi Toluen) pada Minyak Biji Ketapang (Terminalia catappan Linn.) dan Kinetika Reaksi Oksidasi”. Hasil penelitian konsentrasi BHT terbaik adalah BHT 0,02% b/b terhadap waktu penyimpanan berdasarkan perubahan angka peroksida. Hasil penelitian diperoleh Angka peroksida sampai hari ke-14 penyimpanan, untuk minyak biji ketapang tanpa pemanasan yaitu 12,3 mek/kg minyak, minyak biji ketapang yang dipanaskan C selama 2 jam yaitu 41,2 mek/kg minyak, minyak biji ketapang tanpa pemanasan dan ditambah BHT 0,02% tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 2,5 mek/kg minyak, dan minyak biji ketapang yang dipanaskan C dan ditambah BHT 0,02% tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 16,5 % mek/kg. Orde reaksi untuk minyak biji ketapang tanpa pemanasan dan yang dipanaskan selama penyimpanan merupakan orde 1. Konstanta laju reaksi oksidasi untuk minyak tanpa pemanasan 0,0887/hari dan minyak yang dipanaskan 0,0896/hari serta energi aktivasi minyak biji ketapang adalah 67,6046 J/mol K.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
      Additional Information: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Sriwijaya
      Uncontrolled Keywords: BHT, bilangan peroksida, kinetika reaksi oksidasi, kualitas minyak biji ketapang.
      Subjects: Q Science > QD Chemistry
      Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > Department of Chemistry
      Depositing User: Candra Setiawan
      Date Deposited: 11 Dec 2011 21:51
      Last Modified: 31 Oct 2012 18:00
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/34

      Actions (login required)

      View Item