Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Ekonomi

Fatimah, Siti (2013) Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Forum SOSIAL, VI (02). pp. 363-370. ISSN 1972-8681

[img]
Preview
PDF
Download (429Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan budaya dan karakter bangsa dapat mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggungjawab. Nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. Pengintegrasian pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran ekonomi dilaksanakan mulai tahap perencanaan pembelajaran (membuat silabus, RPP, bahan ajar), tahap pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, dan tahap penilaian pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan budaya dan karakter bangsa, Pembelajaran ekonomi.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 27 Dec 2013 15:58
    Last Modified: 28 Dec 2013 06:26
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3276

    Actions (login required)

    View Item