Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan Melalui Penggunaan Bahan Ajar Bentuk Lembar Kerja Praktik di Progam Studi Pendidikan Ekonomi

Fatimah, Siti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan Melalui Penggunaan Bahan Ajar Bentuk Lembar Kerja Praktik di Progam Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Forum SOSIAL, VI (01). pp. 234-239. ISSN 1972-8681

[img] Microsoft Word
Download (116Kb)

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar bentuk lembar kerja praktik pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi semester genap 2011/2012 di program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Rendahnya hasil belajar mahasiswa untuk nilai baik dan sangat baik memberikan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang memberi makna bagi mahasiswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dirasakan perlu memberikan latihan praktik kepada mahasiswa. Latihan praktik dapat diberikan dengan bahan ajar bentuk lembar kerja praktik. Lembar kerja praktik berisi latihan soal yang disertai dengan petunjuk mengerjakannya sehingga mahasiswa dapat mengerjakannya dengan lebih terarah. Subjek penelitin ini adalah mahasiswa semester IV tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 48 orang. Penelitian ini menggunakan empat siklus pertemuan yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menjajaki permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakan yang dipilih dengan menggunakan bahan ajar bentuk lembar kerja praktik maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, ketiga dan diakhiri siklus keempat. Secara umum hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan ajar bentuk lembar kerja praktik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang dilihat dari siklus pertama hingga siklus keempat. Pada akhir siklus keempat semua indikator dapat tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar bentuk lembar kerja praktik hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Disarankan kepada dosen untuk memvariasikan sumber belajar sehingga proses perkuliahan berjalan dengan baik. Kata Kunci : hasil belajar mahasiswa, lembar kerja praktik

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 27 Dec 2013 15:57
    Last Modified: 28 Dec 2013 06:23
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3272

    Actions (login required)

    View Item