Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Mengadakan Variasi dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Indralaya Ogan Ilir

Fatimah, Siti (2006) Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Mengadakan Variasi dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Indralaya Ogan Ilir. Seminar Program Pengembangan Diri 2006. pp. 1-9.

[img]
Preview
PDF
Download (3541Kb) | Preview

    Abstract

    Guru mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan upaya pendidikan. Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kompetensi guru ekonomi mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar di SMAN 1 Indralaya. Populasi semua guru ekonomi berjumlah empat guru. Untuk mengumpulkan data digunakan observasi, metode analisis digunakan deskripsi yang memusatkan perhatian pada penilaian keterampilan mengadakan variasi guru ekonomi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar guru ekonomi telah mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar, yang mana penilaiannya diambil dari lembar penilaian keterampilan variasi dari APKG. Dari 17 komponen yang dinilai 14 komponen sudah muncul dalam proses belajar mengajar dan interaksi yang dilakukan adalah intekasi guru-siswa-siswa. Namun masih dipandang perlu diadakan variasi yang belum muncul diantaranya variasi kecepatan bicara, perubahan mimik, bergerak dalam kelas untuk maksud berbeda, dan memberi kesempatan memegang atau memanipulasi benda. kata kunci: kompetensi guru, mengadakan variasi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 27 Dec 2013 15:57
    Last Modified: 28 Dec 2013 06:20
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3270

    Actions (login required)

    View Item