Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Fatimah, Siti (2013) Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2013. pp. 1-16.

[img] Microsoft Word
Download (116Kb)

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Akuntansi melalui model pembelajaran langsung semester ganjil 2010/2011 di program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Rendanya hasil belajar mahasiswa untuk nilai baik dan sangat baik memberikan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang member makna bagi mahasiswa. Agar perkuliahan menjadi lebih produktif perlu dilakukan perbaikan desain dan strategi perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran langsung dimana model pembelajaran ini lebih penekanan di latihan-latihan yaitu latihan terstruktur, latihan terpimpin dan latihan bebas, yang memungkinkan mahasiswa untuk penguasaan yang maksimal. Subjek penelitin ini adalah mahasiswa semester I tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 49 orang dan 1 dosen. Penelitian ini menggunakan tiga siklus pertemuan yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menjajaki permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakan yang dipilih dengan menggunakan model pembelajaran langsung maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, dan diakhiri siklus ketiga. Hasil yang diperoleh dari hasil tes untuk mahasiswa semuanya dilaporkan secara deskriptif kualitatif. Secara umum hasilnya menunjukkan perkuliahan dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa yang dilihat dari peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Pada akhir siklus ketiga semua indicator dapat tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung proses perkuliahan dan hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Disarankan kepada dosen untuk memvariasikan strategi dan model pembelajarannya, sedangkan untuk mahasisw sebaiknya lebih rajin dalam mengerjakan latihan/tugas yang diberikan dosen jangan hanya menyalin punya temannya. Kata Kunci : pemahaman mahasiswa, model pembelajaran langsung.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 27 Dec 2013 15:57
    Last Modified: 28 Dec 2013 06:18
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3268

    Actions (login required)

    View Item