Persepsi Guru IPS Terpadu Terhadap Profesionalisme di Kecamatan Ilir Barat I Palembang

Fatimah, Siti (2009) Persepsi Guru IPS Terpadu Terhadap Profesionalisme di Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Sriwijaya. pp. 1-11.

[img] Microsoft Word
Download (100Kb)

    Abstract

    Guru mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan upaya pendidikan. Sebagai tenaga profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa eksisnya peranan guru dalam dunia pendidikan. Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi peserta didik (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Guru diharapkan dapat menjalankan tugasnya secara profesional. Profesionalisme merupakan tuntutan bagi semua guru baik yang berstatus pegawai negeri maupun guru honor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang persepsi guru IPS Terpadu terhadap profesionalisme. Metode yang digunakan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS Terpadu di kecamatan Ilir Barat I Palembang. Untuk pengumpulan data digunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru IPS Terpadu yang berstatus pegawai negeri terhadap profesionalisme tergolong sangat baik (92,05%), demikian juga persepsi guru IPS Terpadu yang berstatus honor terhadap profesionalisme (90,89%). Sedangkan dari hasil uji-t diperoleh bahwa t-hitung (0,009) < dari t-tabel (2,7825), yang berarti tidak ada perbedaan persepsi antara guru IPS Terpadu yang berstatus pegawai negeri dan honor terhadap profesionalisme. Dengan persepsi yang sangat baik dalam menjalankan tugasnya. Perlu ada pemerataan pemberian kesempatan peningkatan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan baik untuk guru negeri maupun swasta. Kata Kunci: Persepsi guru IPS Terpadu, profesionalisme.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
    Depositing User: tiwi pratiwi marini
    Date Deposited: 27 Dec 2013 15:56
    Last Modified: 28 Dec 2013 06:21
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3262

    Actions (login required)

    View Item