Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw

Susanti, Rahmi and Lucia, Maria Santoso and Meilinda, Meilinda (2007) Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. In: Prosiding Seminar Nasional, Tema "Perkembangan Biologi dan Pendidikan Biologi untuk Menunjang Profesionalisme. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, pp. 174-177. ISBN 978-979-25-0596-2

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak implementasi terhadap tingkat partisipasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Unsri melalui model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada mata kuliah Teknik Laboratorium. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pokok bahasan. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) persiapan tindakan, (2)implementasi tindakan, (3)pemantauan dan evaluasi,4)analisis dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan digunakan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Data hasil pengamatan berupa penggunaan waktu, partisipasi belajar mahasiswa, dan keaktifan mahasiswa dalam diskusi, serta hasil tes tertulis dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknik Laboratorium

    Item Type: Book Section
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: Dr. Rahmi Susanti
    Date Deposited: 14 Dec 2013 00:44
    Last Modified: 14 Dec 2013 00:44
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/3248

    Actions (login required)

    View Item