Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra sebagai Seni Bahasa dalam Menggali Nilai-nilai Budaya di Perguruan Tinggi

Inderawati, Rita (2003) Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra sebagai Seni Bahasa dalam Menggali Nilai-nilai Budaya di Perguruan Tinggi. Bahasa dan Sastra, 3 (4). pp. 297-302. ISSN 1412-0712

[img]
Preview
Image (JPEG) (Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1334Kb) | Preview

    Abstract

    Sastra telah diperlakukan secara kurang adil di seluruh jenjang pendidikan. Seiring dengan penyataan itu, muncul asumsi yang memposisikan sastra semakin terpojokkan bahwa sastra hanya merupakan mata kuliah/pelajaran hafalan untuk memperoleh kesenangan, bahwa sastra tidak mampu meningkatkan kompetensi berbahasa mahasiswa, padahal sastra berpeluang besar untuk hal tersebut. Sudah selayaknya sastra diberi porsi yang cukup besar dan akan lebih bermakna bila diajarkan secara berdampingan dengan bahasa dan linguistik. Secara spesifik, makalah ini mengupas masalah pembelajaran sastra di perguruan tinggi selama ini, perspektif budaya sebagai salah satu perspektif dalam mengidentifikasi sastra dan pengembagan kualitas pembelajaran sastra berdasarkan hasil riset terkini.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran, sastra, seni bahasa
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > English Language Education
    Depositing User: Sujianto Sujianto
    Date Deposited: 29 Sep 2013 21:09
    Last Modified: 02 Oct 2013 22:33
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/2736

    Actions (login required)

    View Item