Pemaksimalan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Vii-6 Smp Negeri 12 Palembang

Barlian, Ikbal and Putra, Arief Pramana (2012) Pemaksimalan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Vii-6 Smp Negeri 12 Palembang. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. ALPPTKSI-UPGRI Palembang, Universitas PGRI Palembang, pp. 891-994. ISBN 978-602-957-93-8

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (225Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian tindakan kelas ini mengujicobakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa secara maksimal, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimanakah hasil belajar maksimal siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII-6 SMP Negeri 12 kota Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah?”. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar maksimal IPS siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas VII-6 SMP Negeri 12 Kota Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong secara maksimal hasil belajar siswa, pada siklus pertama saja Jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 32 orang atau 82% dari jumlah siswa di kelas dengan nilai tertinggi 94 dan yang belum tuntas sebanyak 7 orang atau 18 % dengan nilai terendah 70 dan nilai rata-rata yang dapat dicapai 74,75, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar rata-rata siswa 76,77 dan mencapai 85,36% siswa tuntas belajar, atau terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 56,36% mendapat nilai 75 bila dibandingkan dengan jumlah siswa yang tuntas awal yaitu sebanyak 25,64%, dan bila dibandingkan dengan jumlah siswa yang tuntas setelah dilaksanakannya siklus 2 yaitu jumlah siswa bertambah besar yaitu sebanyak 59,72%. Keberhasilan penerapan model pembalajaran berbasis masalah dilaksanakan dengan langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang digunakan pada siklus kedua sebanyak 9 (sembilan) langkah, yang sebelumnya 6 langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah

      Item Type: Book Section
      Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Economic Accounting Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 28 May 2013 19:56
      Last Modified: 29 May 2013 11:05
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/2226

      Actions (login required)

      View Item