PENERAPAN METODE HEURISTIK DALAM PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR

Sriyanti, Ida (2009) PENERAPAN METODE HEURISTIK DALAM PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR. Forum Kependidikan, 28 (2). pp. 114-118. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (122Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Heuristik dalam menyelesaikan soal-soal Fisika Dasar I sehingga dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas (classroom action research) pada suatu komunitas mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unsri angkatan 2008. Penelitian ini terdiri dari tahap persiapan (penyusunan rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, format penilaian, alat evaluasi dan lembar observasi) dan pelaksanaan (pemantauan dan evaluasi). Aktivitas Belajar mahasiswa meningkat tiap siklus. Presentasi keaktifan mahasiswa siklus pertama 51% dan siklus kedua 76%. Hasil belajar mahasiswa belum memenuhi stándar ketuntasan belajar tetapi terdapat peningkatan setiap siklus, hasil tes siklus pertama jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 44% dan hasil tes siklus kedua jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 74%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode Heuristik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada perkulihan Físika Dasar I. Kata Kunci : Metode Heuristik, Fisika Dasar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: S.Pd., M.Si Ida Sriyanti
    Date Deposited: 27 May 2013 11:41
    Last Modified: 27 May 2013 11:41
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/2216

    Actions (login required)

    View Item