Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep

Sriyanti, Ida (2009) Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, 1 (1). pp. 23-26. ISSN ISSN 1979-4959

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model Pembelajaran Interatif Berbasis Konsep pada perkuliahan Pendahuluan Fisika Zat Padat. Metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas (classroom action research) pada suatu komunitas mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Penelitian ini terdiri dari tahap persiapan (penyusunan rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, format penilaian, alat evaluasi dan lembar observasi) dan pelaksanaan (pemantauan dan evaluasi). Aktivitas Belajar mahasiswa meningkat tiap siklus. Presentasi keaktifan mahasiswa siklus pertama 50% dan siklus kedua 85%. Hasil belajar mahasiswa belum memenuhi stándar ketuntasan belajar tetapi terdapat peningkatan setiap siklus, hasil tes siklus pertama jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 55% dan hasil tes siklus kedua jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 75%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran interaktif berbasis konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada perkulihan Pendahuluan Fisika Zat Padat dan dapat juga diterapkan pada siswa Sekolah Menegah Umum (SMU).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: S.Pd., M.Si Ida Sriyanti
    Date Deposited: 27 May 2013 11:40
    Last Modified: 27 May 2013 11:40
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/2160

    Actions (login required)

    View Item