Peningkatan Keterampilan Menggambar Imajinatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang Melalui Strategi Collective Painting

rukiyah, rukiyah (2009) Peningkatan Keterampilan Menggambar Imajinatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang Melalui Strategi Collective Painting. In: Seminar Dan Rapat Tahunan ke-5 BKS-PTN Wilayah Barat Bidang Bahasa Tahun 2009. CV Nuryz Bersaudara, Swarna Dwipa Palembang, pp. 128-135. ISBN 978-979-18565-5-3

[img]
Preview
PDF
Download (383Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (17Mb) | Preview

      Abstract

      Menggambar imajinatif merupakan salah satu bagian dalam matapelajaran dalam Seni Budaya dan Keterampilan atau disingkat dengan KERTAKES di Sekolah Dasar Kelas awal, menurut Cing (2005), mata pelajaran seni ( musik, tari dan rupa) merupakan sarana yang paling efektif dalam me ngembangkan kreatifitas siswa. Selain itu seni dapat menjadikan sarana pendidikan dalam rangka mengakomodasi emosi dan ekspresi anak, juga sebagai wahana pendidikan keterampilan (Blance,2005). Melalui strategi collective painting , proses menggambar anak dapat dilakukan bersama teman sekelompoknya. Hal ini berfungsi untuk memperoleh pengalaman menggambar bersama dalam menjalin kerja sama diantara anggota kelompoknya dan memberi kepuasan tersendiri , diantaranya pada saat memilih teman, merancang gambar, mewarnai, menghargai teman yang mempunyai ide sama pada “ tema” gambar yang mereka rancang. Sehingga dapat memupuk saling menghargai karya sesama teman dan mengembangkan aspek social pada anak

      Item Type: Book Section
      Uncontrolled Keywords: Menggambar Imajinatif,Collective Painting
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 14 Feb 2013 15:06
      Last Modified: 14 Feb 2013 15:06
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1768

      Actions (login required)

      View Item