PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA DASAR I

Desi, Desi (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA DASAR I. In: Seminar dan Rapat Tahunan BKS-PTN B Bidang Ilmu MIPA dengan tema "Peran MIPA dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia", 10-11 Mei 2010, Pekanbaru Riau.

[img] PDF (Artikel Prosiding) - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93Kb) | Request a copy
    [img] PDF (Artikel Prosiding) - Published Version
    Restricted to Registered users only

    Download (691Kb) | Request a copy

      Abstract

      Telah dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran mata kuliah Kimia Dasar I bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw melalui suatu penelitian tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah Kimia Dasar I. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I peserta mata kuliah Kimia Dasar I tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan adalah Jigsaw, dimana mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan baik dalam hal proses maupun hasil pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari meningkatnya partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok baik kelompok ahli, asal maupun kelas, keaktifan bertanya dan juga mengeluarkan pendapat. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai A sebanyak 54.35% dari 46 orang mahasiswa. Peningkatan ini tidak terlepas dari keseriusan mahasiswa dalam memahami materi kuliah baik dengan membaca teks di rumah maupun melalui diskusi di kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Kimia Dasar 1 pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Kimia , Model Jigsaw
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Chemistry Education
      Depositing User: Desi
      Date Deposited: 21 Feb 2013 10:57
      Last Modified: 21 Feb 2013 10:57
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1764

      Actions (login required)

      View Item