Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia pada Pokok Bahasan Stoikiometri Mata Kuliah Kimia Dasar I

Desi, Desi (2013) Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia pada Pokok Bahasan Stoikiometri Mata Kuliah Kimia Dasar I. In: Seminar Kenaikan Pangkat dari Asisten Ahli ke Lektor, 9 Januari 2013, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unsri. (Unpublished)

[img] PDF (Artikel Seminar Kenaikan Pangkat) - Presentation
Restricted to Registered users only

Download (96Kb) | Request a copy
    [img] PDF (Artikel Seminar Kenaikan Pangkat) - Published Version
    Restricted to Registered users only

    Download (679Kb) | Request a copy

      Abstract

      Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pada topik stoikiometri pada mata kuliah Kimia Dasar I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 38 orang mahasiswa semester I program studi pendidikan kimia kampus Indralaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes miskonsepsi berupa tes pilihan ganda disertai pilihan alasan. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi terjadi pada topik materi dan perubahannya, unsur, senyawa, dan campuran, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol dengan persentase masing-masing 28,95%, 13,16%, 48,68%, 55,70% dan 51,64%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diharapkan dapat menentukan model pembelajaran yang tepat yang bisa mengurangi miskonsepsi pada pokok bahasan stoikiometri.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, stoikiometri
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Chemistry Education
      Depositing User: Desi
      Date Deposited: 21 Feb 2013 10:58
      Last Modified: 21 Feb 2013 10:58
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1761

      Actions (login required)

      View Item