Metode Pembelajaran Kooperatif dan Partisipatif Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA kelas Rendah

rukiyah, rukiyah and ismet, ismet (2007) Metode Pembelajaran Kooperatif dan Partisipatif Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA kelas Rendah. Working Paper. FKIP Unsri, Palembang.

[img]
Preview
PDF
Download (981Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (30Mb) | Preview

      Abstract

      Mata kuliah pembelajaran IPA kelas rendah yang mempunyai bobot 4 sks (3 sks teori, 1 sks praktikum) dan kode mata kuliah GSD 214, merupakan mata kuliah keahlian berkarya (MKB) bagi mahasiswa program S1 PGSD FKIP UNSRI dengan bobot 4 sks. Mata kuliah ini diberikan pada semester ganjil yaitu semester III (tiga). Prasyarat dari mata kuliah IPA kelas rendah adalah mata kuliah IPA I dan IPA II. Artinya mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah IPA kelas rendah harus sudah lulus mata kuliah IPA I dan IPA II. Selama ini metode pengajaran mata kuliah IPA di PGSD masih menggunakan metode yang sederhana yaitu meteri disampaikan melalui ceramah, tutorial dan tugas. Sedangkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran sangat kurang sehingga peran aktif mahasiswa tidak terlihat, dalam arti kooperatif dan partisipatif mahasiswa belum ada. Untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran mata kuliah pembelajaran kelas rendah, maka perlu dilakukan perbaikan metode pembelajaran yang berkualitas yaitu metode pembelajaran yang mengharuskan pendekatan-pendekatan pada mahasiswa agar iklim akademik yang kondusif dapat terlaksana yaitu melalui “metode pembelajaran kooperatif dan partisipatif” yang melibatkan mahasiswa. Proses pembelajaran meta kuliah IPA kelas rendah sesuai dengan metode kooperatif dan partisipatif dengan menggunakan strategi pelaksanaan yang terdiri atas 3 (tiga) cara yaitu: a) penyampaian materi ceramah dan diskusi interaktif, b) pembagian kelompok belajar dan c) latihan praktek mengajar antar teman sejawat. Hasil pada siklus pertama menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran dilakukan masih ada mahasiswa yang mendapat nilai d sebanyak 2 orang yaitu 3,39% dan mahasiswa yang mendapat nilai b ada 12 orang mahasiswa yaitu 20,34% dan yang memperoleh nilai a sebanyak 2 orang yaitu 3,39%. Terlihat adanya kerja sama antara mahasiswa dan motivasi tinggi untuk mengikuti perkuliahan, hal ini terlihat dari curah pendapat interaktif dari masing-masing kelompok mahasiswa yang berjalan efektif dan efisien

      Item Type: Monograph (Working Paper)
      Uncontrolled Keywords: kooperatif,interaktif,model pembelajaran
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: Rudi Kule
      Date Deposited: 14 Feb 2013 15:05
      Last Modified: 14 Feb 2013 15:05
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1758

      Actions (login required)

      View Item