Pembelajaran Menyimak Integratif Menggunakan Model Facts And Figures

izzah, izzah (2011) Pembelajaran Menyimak Integratif Menggunakan Model Facts And Figures. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kependidikan. ISSN 14108054 (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (783Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Mb) | Preview

      Abstract

      Kurangnya perhatian terhadap keterampilan menyimak dapat membias pada kurangnya kemampuan siswa dalam proses pernbelajaran. Dengan demikian, keterampilan menyimak dapat berpengaruh pada berhasil tidaknya seseorang, termasuk dalam proses pembelajaran_ Walaupun setiap manusia normal sejak lahir telah dilengkapi dengan perangkat menyimak. Belum tentu mereka itu dapat menjadi penyimak ideal. Oleh sebab itu, diperlukan model tertentu untuk lebih mengefektifkan pembelajaran menyimak. Salah satunva adalah dengan menggunakan model facts and fitures. Ada empat langkah yang ditawarkan dalam menerapkan model ini. Aplikasinya. dalam menerapkan model ini siswa disuruh menyimak gambaran (kisah. cerita, berita) yang nyata/terjadi di dalam kehidupan/masyarakat yang didukung, oleh informasi tempat, Informasi mengenai Benda tertentu, dan dilengkapi dengan foto/gambar. Kemudian, siswa mencatat kata-kata kunci yang terdapat di dalam alat peraga. Selanjutnya, siswa berusaha menjawab pertanyaan yang, berhubungan dengan hal-hal yang telah diinformasikan itu dan mencari jawabannya melalui kata-kata kunci yang telah mereka catat.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Menyimak Integrative dan Model Facts and Figures
      Subjects: L Education > L Education (General)
      P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: mrs izzah suhardi
      Date Deposited: 07 Feb 2013 13:36
      Last Modified: 07 Feb 2013 13:36
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1718

      Actions (login required)

      View Item