Alquran Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Integratif Untuk Membentuk Pribadi Bangsa Yang Berkarakter

izzah, izzah (2011) Alquran Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Integratif Untuk Membentuk Pribadi Bangsa Yang Berkarakter. Alghazali,Majalah Ilmu Pengetahuan Agama Universitas Sriwijaya . ISSN 08542902 (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (1151Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3132Kb) | Preview

      Abstract

      Masalah dalam pembelajaran selama ini, antara lain, guru acap kali mengkotak-kotakan materi. Hal seperti ini membuat pembelajaran tidak menarik. Di samping itu, pembelajaran menjadi baku, tidak luas, dan tak mampu merangsang siswa untuk bereksplorasi. Untuk itu, dalam tulisan ini ditawarkan pembelajaran integratif bermediakan Alquran. Artinya, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang salah satu materinya diambil dari kisah-kisah dalam Alquran. Kisah-kisah ini diceritakan, disimak, didiskusikan, dituliskan kembali, dan dibacakan kembali. Selain itu, cerita-cerita ini dihubungkan dengan mata pelajaran lain, seperti IPS, IPA, dan Matematika. Dengan demikian, pembelajaran menjadi menarik karena dapat menjelajah ke berbagai mata pelajaran. Selain itu, secara tidak langsung, guru dan siswa pun dapat menambah wawasan.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Alquran,Media Pembelajara,Integratif,dan Bangsa yang Berkarakter
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: mrs izzah suhardi
      Date Deposited: 07 Feb 2013 13:38
      Last Modified: 07 Feb 2013 13:38
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1714

      Actions (login required)

      View Item